Beruang di Kebun Binatang Bandung Kurus, Menteri KLHK Akan Tinjau Langsung

Beruang madu di Bonbin Bandung (Avitia Nurmatari/detikcom)

Jakarta – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) buka suara soal Kebun Binatang Bandung yang menjadi sorotan karena dianggap tak becus mengurus beruang madu sehingga menjadi kurus. KLHK berkata akan mengecek langsung kondisi beruang malang itu.

“(Mengecek langsung) oh bisa, kan kita punya UPT (unit pelaksana teknis),” ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/1/2017).

Siti menambahkan, selama ini Kebun Binatang Bandung memang menjadi sorotannya. Pihak KLHK, menurutnya, sudah beberapa waktu yang lalu memberi peringatan kepada Bonbin Bandung.

“Ya, Kebun Binatang Bandung sudah jadi atensi kita, sudah beberapa waktu kita ingetin. Bonbin sebagai lembaga konservasi punya persyaratan-persyaratan. Intinya, apakah itu Bonbin Bandung atau Bonbin Surabaya, itu termasuk yang cukup intensif juga kita komunikasikan,” jelasnya.

Menurut Siti, setiap lembaga konservasi atau pemeliharaan hewan di Indonesia seperti bonbin masih terus diperbaiki mutunya. Dia berkata selama ini penanganan bonbin masih lemah.

“Kalau itu, kalau soal lembaga konservasi seperti bonbin atau tempat eksibisi, pemeliharaan, memang sampai sekarang kan masih sedang terus ditangani. Kan yang selama ini juga sangat lemah gitu ya penanganannya,” tutupnya.

 

SUMBER : Detiknews.com