Hutan Pinus Nongkojajar Pasuruan yang Fotogenik

Hutan Pinus/Foto: Muhajir Arifin

 


Pasuruan – Kawasan Agrowisata Nongkojajar atau Tutur di Kabupaten Pasuruan menyimpan banyak potensi wisata alam yang eksotik. Salah satunya hutan pinus di Desa Gendro. Hutan pinus dengan jajaran pohon yang menjulang ini mulai menjadi primadona wisatawan, terutama mereka yang hobi fotografi.

Selain bisa mengabadikan keindahan sudut-sudut hutan, wisatawan juga bisa merasakan udara yang sejuk dan segar saat menyusuri jalan selebar 5 meter yang membela hutan.

Keberadaan hutan pinus ini memperkaya potensi wisata di kawasan yang sudah dikenal luas dengan potensi buah apel, durian, paprika serta bunga krisan dan mawar yang sudah diekspor ke Jepang dan negara-negara Eropa.

“Sudah kami sampaikan ke Badan Otorita Bromo (BOB), bahwa Tutur sebagai salah satu kawasan penyanggah untuk destinasi wisata nasional itu. Kami akan terus menggali potensi wisata alam yang ada di sini, seperti hutan pinus ini,” kata Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf yang datang ke lokasi, Senin (23/1/2017).

Bupat Irsyad yang datang dengan jajaran terkait, mengatakan pihaknya akan mengembangkan kawasan hutan pinus tersebut sehingga mampu menjadi magnet bagi pengunjung. Ia yakin jika dikelola dengan benar, akan semakin banyak wisatawan yang datang ke lokasi tersebut.

“Tutur sudah punya wisata petik apel, petik durian dan taman-taman krisan dan mawar. Tutur juga punya lokasi wisata buatan seperti Bakti Alam yang dikunjungi 400 ribu orang setiap tahun. Hutan pinus ini sangat cocok dikunjungi selain lokasi-lokasi tersebut. Lokasi ini sangat cocok untuk istirahat dan spot fotografi,” katanya.

Untuk menunjang rencana tersebut, pihaknya akan menunjangnya dengan pembangunan infrastruktur. Terumata jalan-jalan menuju lokasi wisata hutan pinus.

“Tahun 2018 nanti kita berharap sesuai visi misi kita yakni pengembangan pariwisata semuanya bisa terwujud. Wisata alam dan wisata buatan haru terintegrasi,” urainya.

Dalam kesempatan tersebut, bupati penghobi fotografi yang mengaku kepincut dengan keindahan hutan seluas 5 hektare tampak sibuk mengabadikan pemandangan hutan dengan kameranya.

“Kawasan ini sangat fotogenik,” katanya sambil menunjukkan hasil jepretan kepada awak media.

 

 

SUMBER : Detiknews.com