Kepala BBKSDA Sumut Buka Kemah Konservasi

Kepala BBKSDA Sumut, Hotmauli Sianturi saat melepaskan seekor elang, Kamis (7/9) (yy/eal)

 


Karo – Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara, Hotmauli Sianturi, membuka secara resmi kemah konservasi memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2017.

Kegiatan yang berlangsung 7-9 September ini dilaksanakan di Taman Hutan Raya (Tahura) Tongkoh, Kabupaten Karo.

“Peringatan HKAN ini dimaksudkan sebagai upaya kampanye dan sosialisasi kepada masyarakat luas akan pentingnya konservasi alam bagi kehidupan dan kesejahteraan manusia. Selain itu juga untuk mengedukasi masyarakat agar ikut serta dalam menjaga dan menyelamatkan ekosistem alam,” jelasnya.

Kegiatan ini, menurut Hotmauli melibatkan generasi muda yang jadi unsur penting pelopor dan penggerak upaya konservasi. Mereka juga diharapkan dapat menjadi motivator dan dinamisator di masyarakat.

“Kemah konservasi ini pada dasarnya merupakan program pendidikan konservasi alam dan lingkungan hidup yang menggabungkan metode teori dan praktik dengan menitikberatkan pada ranah efektif dan kognitif,” sebutnya.

Usai memberikan sambutan, Kepala BBKSDA juga berkesempatan melepaskan 2 ekor elang dilindungi hasil sitaan petugas BBKSDA Sumut. Elang tersebut sebelumnya sudah dilakukan dishabituasi sekitar 4 bulan sebelum dilepasliarkan.

“Selain elang brontok dan elang hitam, kita juga akan melepasliarkan kukang di sekitar lokasi ini,” ucapnya.

Sementara drh. Tya dari Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit menjelaskan, kedua elang tersebut sudah dipasangi mikro chip sehingga perkembangannya bisa terus dipantau oleh petugas.

 

 

 

SUMBER : Analisadaily.com