Kompetisi Seduh Manual V60 Ramaikan Expo AKSIS TFCA Sumatera

Foto/RMOLSumut

Sumatera Coffee Association (SCA) Menggelar Kompetisi Seduh Manual Kopi V60 pada gelaran Expo Aksi Konservasi Hutan Tropis Sumatera (AKSIS 2017) Tropical Forest Conservation Action (TFCA) Sumatera di lapangan Merdeka Medan. Rabu (22/11).

Puluhan barista kopi baik perorangan maupun utusan dari cafe yang ada di Kota Medan mengikuti perlombaan sejak pagi hingga malam. Antusiasme peserta terlihat dari padatnya pengunjung yang memadati panggung Warung Kopi’ di tengah area Expo.

Salah satu Panitia pelaksaan dari SCA Sumatera, Andri Ramadhan, mengungkapkan, melalui kompetisi ini diharapkan ada kesempatan bagi para barista untuk berbagi pengalaman dan share pengetahuan tentang bermacam-macam metode seduh kopi. Sehingga melahirkan banyak barista di kota Medan.

“Kompetisi seperti ini perlu digalakkan, tentunya dengan dukungan dan kerjasama banyak pihak, harapannya maraknya komoditi kopi juga sejalan dengan lahirnya barista-barista handal di kota Medan,” ujar Andri yang juga merupakan owner coffeenessia ini.

Kompetisi ini juga menghadirkan tiga dewan juri yakni,  Agustine Thamran dari Specialty Coffee Association (SCA) Sumatera, Tonggo Simangunsong dan Saifudin dari Sumatera Coffe Association.

Setelah melewati proses panjang penjurian, akhirnya keluar pemenang Juara I Reza Anggara Hasibuan dari Coffee Blues Indonesia, juara II Muhammad Agil Syadila dari Ristreeto Cafe dan Juara III Arta Radiansyah dari 3beeans Coffee Roasters.

Salah satu  pengunjung, Aflah mengatakan, salah satu tujuan untuk menghadiri EXPO Aksis selain melihat upaya konservasi satwa terancam punah di Sumatera adalah melihat langsung kompetisi seduh manual kopi.

“Saya tertarik, inginnya jadi barista, tapi belum punya kenalan komunitas, saya ke sini mau lihat komunitasnya terus gabung, kopi lagi trend, sepertnya cocok juga berkarya menjadi barista kopi,” ujar Aflah.[rgu]

 

 

SUMBER : rmolsumut.com