Medan Siap Gelar Expo Aksi Konservasi Hutan Tropis Sumatera

Konfrensi pers expo aksi Konservasi Hutan Tropis Sumatera(07/11/2017, Imaji.live/Veri Ardian)

MEDAN – Indonesia merupakan salah satu negara tropis dengan penutupan kawasan hutan yang sangat luas dan menyimpan sumber daya alam yang sangat berlimpah. Hutan Indonesia merupakan paru-paru dunia yang mampu menyerap berjuta-juta ton gas beracun, serta menghasilkan oksigen yang sangat berlimpah. Hal tersebut terjadi karena Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat besar.

Berdasarkan hal di atas, Aksi Konsevasi Hutan Tropis akan menggelar serangkaian kegiatan Expo di Medan. Bertempat di Lapangan Merdeka, kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari mulai 20-22 November 2017.

“Mengangkat tema ‘Bisnis Konservasi untuk Kesejahteraan Rakyat’, berbagai kegiatan siap kita hadirkan, mulai dari Dialog Nasional, Talkshow, Temu bisnis, Penanaman pohon, Lomba menggambar dan mewarnai serta yang paling bergengsi adalah Lomba Foto Lingkungan Hidup dan Pameran Foto Lingkungan,” kata Masrizal selaku Ketua Panitia.

Direncanakan nantinya Mentreri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menjadi pembicara dalam Dialog Nasional.

Adapun melalui kegiatan ini, dikatakan Masrizal,  diharapkan menjadi sebuah skema pengalihan utang untuk lingkungan antara Pemerintah Amerika Serikat dan Pemerintah Indonesia yang ditujukan untuk melestarikan kawasan hutantropis di Sumatera yang tingkat deforestasinya sangat tinggi.

“Kesepakatan antara dua negara Amerika Serikat dan Indonesia ini, dimana Amerika Serikat sepakat menghapus hutang luar negeri Indonesia sebesar hampir 30 juta dolas AS, dimana kita Indonesia melakukan pembayaran utangnya pada Amerika Serikat yang ditampung dalam satu rekening khusus untuk mendukung penyediaan dana hibah bagi perlindungan dan perbaikan hutan tropis Indonesia,” jelas Masrizal.

Dana yang dihasilkan oleh program pengalihan utang ini diarahkan untuk membantu Indonesia melindungi habitat hutan yang kritis di Sumatera. Kawasan Sumatera merupakan rumah bagi ratusan jenis mamalia, burung dan tumbuhan, dimana banyak diantaranya telah langka dan terancam punah.

 

SUMBER : Imaji.live