Pesona Air Terjun Sumatera Utara

No comment 429 views
Medan – Salah satu bentang alam yang cantik di Sumatera Utara adalah air terjun. Tak tanggung-tanggung, ada 5 air terjun di sana yang bikin kamu jatuh hati!

Pesona alam di Sumatera Utara begitu lengkap, dari gunung yang menjulang tinggi sampai danau yang seluas lautan. Tak ketinggalan, tiap daerah di Tanah Batak memiliki air terjun yang cantik, indah dan eksotis.

Disusun detikTravel, Kamis (20/10/2016) berikut 5 air terjun yang bikin kamu langsung ingin liburan ke Sumatera Utara:

1. Air terjun Sipiso-piso

Inilah air terjun yang terkenal paling cantik di Sumatera Utara, yakni air terjun Sipiso-piso. Lokasinya yang masih berada di dalam satu kawasan dengan Gunung Sipiso-Piso di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.

Dari Kota Brastagi, jarak ke sana sekitar 35 km. Begitu menuruni anak tangga yang mengucurkan keringat selama sekitar 1 jam, dongakkan kepala kamu. Lihatlah air yang jatuh dari ketinggian 800 meter!

(Risa Alda Hatriani/dTraveler)(Risa Alda Hatriani/dTraveler)

Cantik, dingin dan sejuk. Cantik dari panorama air terjunnya, dingin karena hempasan butir-butir air dan sejuk karena suasananya yang masih alami dan dikelilingi hutan yang hijau.

Mengapa di sebut air terjun Sipiso-piso, Nama Sipiso-piso berasal dari kata piso atau pisau, karena masyarakat setempat melihat air terjun ini berbentuk seperti pisau. Memang, jika dari bukit air terjun ini terlihat seperti pisau raksasa.

2. Air terjun Sampuran Harimau

Beranjak ke Kabupaten Asahan tepatnya di Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan terdapat air terjun yang indah bernama Sampuran Harimau. Punya tinggi puluhan meter, di zaman dulu air terjun ini begitu terkenal karena suara yang dihasilkan dari volume debit airnya yang deras.

(Rudi Chandra/dTraveler)(Rudi Chandra/dTraveler)

Saking besarnya, suara jatuhan air terjunnya terdengar seperti suara auman harimau. Maka itulah diberi nama air terjun Sampuran Harimau. Tepat di bawah air terjunnya terdapat kolam alami yang luas.

Namun saat ini, Air Terjun Sampuran Harimau secara perlahan terlupakan dan ditinggalkan. Ini disebabkan karena aliran Sungai Asahan di atas Air Terjun Sampuran Harimau telah ditutup menjadi Bendungan Tangga untuk pembangkit listrik pada awal tahun 1980-an.

Akses ke sana pun sudah sulit, sudah tertutup semak belukar. Namun hingga kini, air terjun tersebut masih menyimpan kecantikannya.

3. Air terjun Simank-manik

(Rudi Chandra/dTraveler)(Rudi Chandra/dTraveler)

Masih di Kabupaten Asahan, tapi kini geser ke Desa Loburrapa, Kecamatan Aek Songsongan. Di sana ada air terjun Simanik-manik yang berada di dalam hutan dan masih sangat alami.

Tinggi air terjunnya tidak setinggi dua air terjun sebelumnya (air terjun Sipiso-piso dan air terjun Sampuran harimau). Namun jika dilihat, kalau debit airnya sedang deras, maka air terjun Simanik-manik akan membentuk seperti tirai raksasa.

Kolam alami di bawah air terjunnya cukup luas dan tidak banyak bebatuan. Sehingga kita bisa asyik untuk bermain air dan berenang. Air terjun ini mampu melepas kepenatan.

4. Air terjun Dua Warna

(Vredo Pasaribu Dcozt/dTraveler)(Vredo Pasaribu Dcozt/dTraveler)

Sibolangit di Kabupaten Deli Serdang memiliki air terjun yang akan bikin kamu penasaran dan ingin datang. Sebab namanya saja pasti bikin kamu bertanya-tanya, air terjun ini sungguhan mempunyai dua warna?

Jawabannya iya. Lihatlah air terjunnya dari dekat. Aliran air yang jatuh berwarna bening atau putih, lalu air di kolam alami di bawah air terjunnya berwarna biru. Perpaduan dua warna yang terlihat menakjubkan, ditambah dedauanan di sekitar air terjunnya yang hijau jadi tambah sedap dipandang.

Air terjun ini berada di kawasan Bumi Perkemahan Sibolangit. Butuh sekitar 1 jam lebih untuk tiba di sana dengan melewati hutan yang cukup rimbun. Cukup melelahkan, tapi akan terbalas impas dengan apa yang kamu lihat dengan mata telanjang.

5. Air Terjun Mursala

Salah satu air terjun ‘ajaib’ di Indonesia ternyata ada di Sumatera Utara. Inilah air terjun Mursala di Pulau Mursala, Tapanuli Tengah. Air terjun ini jatuhnya ke laut!

(Alfan Baedlowi/dTraveler)(Alfan Baedlowi/dTraveler)

Ketinggian air terjunnya mencapai 35 meter. Air terjunnya mengalir dari tebing, yang alirannya langsung ke laut. Maka kita pun melihatnya dengan cara yang beda, yakni melihatnya dari atas perahu.

Ah tapi pasti, kamu tidak tahan untuk bermain air dan berenang-renang di sekitar air terjunnya. Ayo silakan, mari berenang dan snorkeling di bawah air terjunnya. Melihat dan merasakan air terjun Mursala dari dekat yang memang sungguh ‘ajaib’. Kamu yang penasaran bisa pergi ke Pandan, ibukota Kabupaten Tapanuli Tengah, kemudian naik kapal selama 2 jam ke Pulau Mursala.

SUMBER : detik travel