TFCA Fasilitasi Pertemuan Aktifis Lingkungan Indonesia di Medan

Foto/RMOLSumut

Para aktifis konservasi yang ada di Sumatera akan dipertemukan jelang akhir November 2017 mendatang di Kota Medan. Ajang pertemuan tersebut difasilitasi oleh Tropical Forest Conservation Action for Sumatera (TFCA) lewat Aksi Konservasi Hutan Tropis Sumatera (AKSIS) 2017 yang dilaksanakan oleh Leuser Conservation Partnership (LCP).

“Ajang ini memang untuk mempertemukan aktifis skala nasional. Kami berharap ini gaungnya nasional meskipun dibuat di Sumatera,” kata Masrizal selaku ketua panitia saat memberikan keterangan pers di Medan, Senin (6/11).

Masrizal menjelaskan, pertemuan para aktifis konservasi menjadi hal yang sangat strategis dalam rangka menjaga hutan-hutan konservasi yang ada di Indonesia. Menurutnya pertemuan para aktifis yang bekerja pada Non Government Organisation (NGO) sangat penting untuk saling bertukar pikiran maupun ide-ide seputar kegiatan yang mereka geluti.

“Pengalaman-pengalaman para aktifis konservasi kita mau saling berbagi. Dan kemudian aktifitas mereka juga mau kita perkenalkan kepada masyarakat. Kita mau menunjukkan bahwa program-program yang dilaksanakan oleh para aktifis di NGO lingkungan sangat membekas dan memiliki arti penting bagi masyarakat,” ujarnya.

Ajang berbagi pengalaman dan juga perkenalan mengenai aktifitas dari para aktifis ini kepada masyarakat menurutnya akan dilakukan lewat berbagai kegiatan dalam ajang AKSIS 2017 tersebut. Jajaran pemerintah khususnya yang berkaitan langsung dengan lingkungan hidup menurutnya akan hadir dalam dialog nasional dan talkshow. Kemudian masyarakat juga akan dilibatkan untuk bisa terlibat langsung dengan berbagai upaya konservasi lewat lomba foto konservasi dan pelatihan-pelatihan pengelolaan jasa lingkungan hingga memberikan edukasi mengenai bisnis konservasi lewat kemitraan Masyarakat, swasta dan pemerintah.

“Disana juga akan ada 10 ribu tanda tangan mendukung gerakan menanam pohon. Kita berharap gaungnya ini akan sangat besar untuk kepentingan konservasi,” demikian Masrizal.[rgu]

 

 

SUMBER : rmolsumut.com