TFCA Kumpulkan Aktivis Bahas ‘Bisnis Konservasi untuk Kesejahteraan Rakyat’ di Lapangan Merdeka

Ketua Panitia AKSIS 2017 berfoto bersama anggota Leuser Conservation Partnership (LCP) dan editor Harian Tribun Medan Feriansyah Nastion di kantor Harian Tribun Medan Selasa (14/11). AKSIS 2017 akan digelar selama tiga hari dari 20 hingga 22 November 2017.

MEDAN – Tropical Forest Conservation Action for Sumatera (TFCA) akan menyelenggarakan Aksi Konservasi Hutan Tropis Sumatera (AKSIS) 2017 pada 20 sampai 22 November mendatang.

Kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya di Sumatera Utara dan mengumpulkan para aktivis konservasi se-Sumut.

“Ini capture-nya Sumatera, tapi gaungnya nasional. Cukup banyak rangkaian kegiatan yang akan kita lakukan selama tiga hari dan tujuannya untuk mempertemukan sekitar 70 lebih lembaga yang mendapatkan dana dari TFCA untuk saling berbagi informasi dan masukan,” ujar Ketua Panitia AKSIS 2017 Masrizal saat menyambangi kantor Harian Tribun Medan Jalan K.H Wahid Hasyim Nomor 37 pada Selasa (14/11/2017).

Acara yang bertema Bisnis Konservasi untuk Kesejahteraan Rakyat ini akan digelar di Lapangan Merdeka Medan.

Menurut Masrizal, kesemua lembaga konservasi tersebut memiliki fokus proyek yang berbeda, tetapi tujuannya tetap konservasi. Maka dari itu dirinya menilai pertemuan di AKSIS sangat penting untuk bertukar pikiran maupun ide-ide seputar hal yang mereka geluti.

“Pengalaman-pengalaman dari mereka semua itu ingin kita kumpulkan. Kita juga ingin menunjukkan bahwa ada lembaga yang fokus untuk konservasi hutan, misalnya menanam pohon,” ujarnya.

Ajang pertemuan AKSIS tersebut akan difasilitasi oleh Leuser Conservation Partnership (LCP). Adapun rangkaian acara yang akan digelar selama tiga hari tersebut berupa dialog nasional, talkshow, seminar, temu bisnis dan lainnya.

Tak hanya itu, akan ada aksi penanaman pohon seretak di dua provinsi, pengumpulan 10.000 tanda tangan dukungan penanaman dan beberapa lomba.

Saat penutupan akan ada pementasan drama “Pengadilan Rimba” dari teater O USU. (cr5/Tribunmedan.com)

SUMBER : TRIBUNMEDAN