Tragis, Gajah yang Mati Tersengat Listrik Sedang Hamil

Kondisi dua ekor gajah sumatera (Elephas maximus sumatrensis) yang mati diduga akibat tersengat listrik di Desa Seumanah Jaya Aceh Timur, Minggu (15/10/2017).

Dua ekor gajah Sumatera yang tewas tersengat listrik di kawasan perkebunan Hutan Tanamana Industri Desa Seumanah Jaya Aceh Timur ternyata berjenis kelamin betina dan satu diantaranya masih dalam keadaan mengandung.

Ini terungkap dari pemeriksaan petugas terhadap tubuh kedua gajah yang mati mengenaskan tersebut. “Ada satu ekor gajah, putingnya terus mengeluarkan susu hingga kini. Dugaan kami gajah ini sedang hamil,” ujar seorang tim Conservation Response Unit Nurmahdi Al Masri, Senin, 16 Oktober 2017.

Pemeriksaaan sementara, gajah betina yang tengah mengandung itu diperkirakan berusia 25 tahun. Namun demikian, untuk memastikan lebih lanjut, petugas akan melakukan autopsi menyeluruh ke kedua bangkai gajah.

 

Saling Serang
Sementara itu, berdasarkan pengakuan warga di Desa Seumanah Jaya. Konflik antara gajah dan manusia di tempat mereka memang sedang memuncak beberapa waktu ini.

Pekan lalu, puluhan kawanan gajah sempat masuk ke kawasan permukiman dan merusak perkebunan milik warga.

Karena itu, warga pun berinisiatif memasang aliran listrik. “Kebun jagung dan sawit kami hancur semua. Gajah-gajah ini juga membuat kami resah,” kata Abdul Jalil Pakeh, warga Seumanah Jaya.

Abdul berharap, agar pemerintah setempat dapat memperhatikan keluhan mereka. Kematian dua ekor gajah yang terjadi di desa mereka kemarin, diharapkan jangan sampai berulang.

“Minta tolong bantuan pemerintah. Kami tidak mau juga berkonflik terus,” katanya.

 

SUMBER : VIVA.CO.ID