Ekowisata Mangrove, Lubuk Kertang Langkat

Pemandangan saat memasuki jantung hutan Mangrove di kawasan Wisata Mangrove, di Desa Lubuk Kertang, Kecamatan Brandan Barat, Kabupaten Langkat.

 


BINJAI – Desa Lubuk Kertang yang dulunya rusak parah kini menjadi kawasan wisata baru. Kawasan yang dulunya hutan ini kini menjelma menjadi hutan mangrove yang subur dan indah.

Sepuluh tahun yang lalu, warga desa setempat sepakat untuk mengembalikan fungsi kawasan hutan sebagai tempat Biota laut dan tempat berkembangnya mangrove.

Memasuki kawasan tersebut, wisatawan akan disuguhi hamparan mangrove hijau nan cantik. Tulisan selamat datang, seakan menyambut wisatawan yang hendak memasuki kawasan wisata hutan mangrove itu.

Dengan luas lahan sekitar 100 hektar, kawasan ini dulunya adalah kawasan yang rusak parah akibat pembalakan liar. Sedihnya, mereka meninggalkan lokas tanpa melakukan penanaman kembali.

Ketua kelompok tani Mekar, Desa Lubuk Kertang, Dian Batubara, Rabu (3/5/2017), mengatakan keinginan mereka untuk melestarikan hutan mangrove karena merasa sedih melihat kerusakan kampung mereka.

 

 

SUMBER : Tribunnews

READ  Seekor Badak Sumatera disuntik Mati Karena Derita Kanker Kulit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enable Notifications    Ok No thanks