Sepasang Orang Utan Ditemukan Terisolasi di Perkebunan Warga di Aceh

Sepasang orang utan dievakuasi karena terisolasi di perkebunan warga di Aceh. Metro TV
Sepasang orang utan dievakuasi karena terisolasi di perkebunan warga di Aceh. Metro TV

 

Aceh: Warga di Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya, Aceh, melaporkan adanya sepasang orang utan yang terisolasi di tengah perkebunan sawit warga. Hasil pemeriksaan, kondisi menunjukkan salah satu orang utan mengalami malnutrisi dengan kondisi fisik yang kurus.

Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh bersama dengan Sumatran Orangutan Conservation Programme (SOCP) dan Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) langsung menuju lokasi untuk melakukan evakuasi. Evakuasi pertama dilakukan pada orang utan jantan dengan dua kali tembakan bius. Kemudian, dilanjutkan dengan evakuasi orang utan betina.

Tim evakuasi pun harus memanjat pohon untuk melakukan evakuasi. Hal ini karena kedua orang utan tersebut bersembunyi di atas pohon setelah ditembak bius. Proses evakuasi membutuhkan waktu selama enam jam.

“Kerjasama dengan baik sehingga yang dianggap selama ini orang utan mengganggu masyarakat bisa kita kendalikan,” ujar BKSDA Aceh Satirin dalam tayangan Metro Siang di Metro TV, Selasa, 28 September 2021.

Dari hasil pemeriksaan, kondisi orang utan jantan dalam keadaan sehat. Namun, orang utan betina dalam kondisi malnutrisi dengan fisik yang kurus.

Petugas menyebut orang utan betina baru saja melahirkan, tetapi anaknya tidak ditemukan. Dua butir peluru senapan angin juga ditemukan bersarang di dahi kanan dan dada orang utan tersebut.

“Ini sudah menjadi kebun warga sehingga orangutan tersebut kan terjepit lama-lama. Begitu terjepit, ada ancaman juga dari masyarakat dengan memasang jerat, senapan,” jelas Satirin.

Sepasang orang utan itu dibawa ke pusat reintroduksi orangutan di Jalan Jantho, Aceh Besar. Keduanya nantinya akan dilepasliarkan kembali ke hutan.

Satirin berharap dua orang utan tersebut dapat hidup layak dan tidak mengganggu masyarakat atau sebaliknya.

SUMBER: medcom.id

READ  Gajah Betina 30 Tahun Ditemukan Mati Membusuk di Kubangan Kerbau Pidie, BKSDA Terjunkan Tim
Enable Notifications    Ok No thanks