Tiga Anak Harimau Lahir di Kebun Binantang Sydney

 

 

 

JAKARTA – Tiga ekor anak Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) lahir di Taronga Zoo Sydney, Australia, Rabu (6/2/2019) lalu dari induk bernama Kartika.

Hingga hari ini, ketiga anak Harimau Sumatera, dua betina dan satu jantan itu masih belum diberi nama. Rencananya ketiga anak harimau Sumatera yang lahir di Taronga Zoo, Sydney,  Australia itu akan ditunjukkan kepada publik pada Maret 2019 mendatang.

Harimau Sumatera adalah satwa langka dan populasinya di pulau Sumatera kini diperkirakan tinggal 350 ekor. Karena itu kelahiran harimau Sumatera di Australia ini merupakan kejadian yang luar biasa.

Harimau Sumatera justru berhasil menambah populasinya di Kebun Binatang yang berada luar negeri. Awal Agustus 2019 lalu, Harimau Sumatera yang berada di Tierpark Zoo, Berlin, Jerman juga melahirkan empat anaknya.

Keempat bayi Harimau Sumatera itu berasal dari pejantan bernama Harfan (10) dan betina Mayang (7).

Kedua hewan ini dipinjamkan oleh pemerintah Indonesia ke pemerintah Jerman pada Desember 2013 lalu sebagai bentuk dekatnya hubungan diplomatik antar kedua negara.

Sementara itu Taronga Zoo di Australia sendiri membuka area Tiger Trek sejak 20 Agustus 2017. Di sana ditampilkan empat harimau Sumatera, yakni Jumilah, Kembali, Kartika dan Sakti.

Direktur dan CEO Kebun Binatang Taronga Cameron Kerr waktu itu mengatakan, Tiger Trek adalah sebuah pengalaman kelas dunia dalam konservasi satwa liar, berbeda dengan yang pernah ada di Australia sebelumnya.

“Dengan begitu banyaknya hewan di alam bebas yang terancam punah, maka tidaklah cukup hanya mempertontonkan hewan di habitatnya saja.

Kami memiliki tanggung jawab untuk menceritakan kisah mereka, dan Tiger Trek menceritakan kisah tentang harimau Sumatera yang terancam punah tersebut” kata Kerr.

READ  Pegiat Lingkungan Pulau Pramuka Gencarkan Ekowisata

Kini Taronga Zoo sedang merayakan dan menyambut kedatangan tiga ekor anak Harimau Sumatera yang baru lahir di kebun binatang itu.

 

 

 

 

 

 

SUMBER : TIMESINDONESIA.CO.ID

Enable Notifications    Ok No thanks