Toby, Badak Putih Tertua di Dunia Mati di Kebun Binatang

Badak putih tertua di dunia mati di kebun binatang di Italia. (Foto: Daily Star)
Badak putih tertua di dunia mati di kebun binatang di Italia. (Foto: Daily Star)

 

ROMA, iNews.id – Toby, badak putih tertua di dunia, mati pada usia 54 tahun di sebuah kebun binatang di Italia Utara. Kabar tersebut diungkapkan juru bicara kebun binatang setempat, Selasa (12/10/2021).

“Nonno Toby (Kakek Toby, julukan badak tua itu—red) meninggal pada 6 Oktober,” ungkap Jubir Kebun Binatang Parco Natura Viva, Elisa Livia Pennacchioni.

“Dia pingsan dalam perjalanan kembali ke tempat penampungan malamnya. Setelah sekitar setengah jam, jantungnya berhenti berdetak,” kata pejabat kebun binatang yang berlokasi di dekat Kota Verona itu lagi.

Menurut rencana, tubuh Toby akan dibalsem dan dipajang di Museum Sains MuSe di Kota Trento. Di tempat itu, Toby akan menemani Blanco, seekor singa putih dari kebun binatang yang mati lima tahun lalu.

Badak putih biasanya hidup hingga 40 tahun saat ditempatkan dalam penangkaran. Sementara di alam liar, umur maksimal rata-rata satwa bercula itu mencapai 30 tahun.

Pada 2012, pasangan betina Toby bernama Sugar sudah lebih dulu mati. Kini, di Kebun Binatang Parco Natura Viva masih tersisa satu badak putih lagi bernama Benno yang kini berusia 39 tahun.

Badak putih menjadi salah satu dari lima spesies badak yang dianggap tidak terancam punah. Perkiraan populasi satwa itu saat ini diperkirakan sekitar 18.000 ekor, menurut WWF.

SUMBER: iNews.id

READ  Puluhan Gajah Liar Rusak Perkebunan Warga Di Lampung
Enable Notifications    Ok No thanks